Friday, December 18, 2009

ATM Mandiri Tertelan dan Terdebet

Have you ever wondered what exactly is up with tech? This informative report can give you an insight into everything you've ever wanted to know about tech.

Pada Ahad, 15 November 2009 lalu, sekitar pukul 15.20 WIB, ketika akan bertransaksi, kartu ATM/VISA Debet Mandiri atas nama saya 'tertelan' di mesin ATM Mandiri Jl Senopati Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Beberapa kali saya menghubungi Mandiri call 1400, namun tidak berhasil.

Akhirnya, saya menelepon nomor yang tertempel di mesin ATM tersebut (bukan nomor 1400). Saya pun meminta agar kartu ATM/VISA Debet milik saya tersebut  diblokir. Setelah konfirmasi dan mendapat kepastian diblokir, kira-kira pukul 15.30, saya tinggalkan lokasi tersebut. Sementara kartu ATM saya, masih di dalam mesin ATM.

Dalam perjalanan ke rumah, untuk meyakinkan saya minta tolong ke petugas satpam di KCP Mandiri JI Wolter Monginsi di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, untuk menghubungi Mandiri call 1400 dan mengonfirmasi pemblokiran kartu ATM; saat itu waktu menunjukkan pukul 15.46. Alangkah kagetnya saya, tenyata saldo rekening tabungan telah berkurang sampai Rp 25 juta.

The information about tech presented here will do one of two things: either it will reinforce what you know about tech or it will teach you something new. Both are good outcomes.

Keesokan harinya, Senin 16 November 2009, saya melaporkan kejadian tersebut ke Kantor Cabang Mandiri Jakarta Faletehan, dan print out rekening ternyata ada dua kali transaksi debet, masing-masing pukul 15.38 sebesar Rp 15 juta dan pukul 15.39 sebesar Rp 10 juta yang dilakukan oleh Toko/ merchant 'Zji' (toko alat-alat dapur) lokasi Grand Lucky kawasan niaga SCBD.

Atas kejadian tersebut, saya laporkan pula ke pihak Polres Jakarta Selatan untuk pengusutan tindak pidana pencurian kartu ATM dan pemalsuan tanda tangan. Sampai hari ini, pihak Bank Mandiri baru menindaklanjuti dengan penerbitan Bantahan Transaksi atas  merchant tersebut dan polisi tengah mengusut kasusnya ke TKP.

Mohon pihak Bank Mandiri lebin serius menanggapi komplain ini dan untuk melindungi nasabah, agar segera memperbaiki sistem pengamanan baik di gerai mesin ATM maupun sistem transaksi VISA Debet dengan verifikasi nomor PIN, karena tanda tangan mudah dipalsukan apalagi transaksi dengan  merchant yang diduga 'ada main' dengan penjahat.


H Ali Hanafiah
Jakarta Selatan

(-)
If you've picked some pointers about tech that you can put into action, then by all means, do so. You won't really be able to gain any benefits from your new knowledge if you don't use it.

No comments:

Post a Comment