Saturday, November 7, 2009

Kata Andal

This article explains a few things about tech, and if you're interested, then this is worth reading, because you can never tell what you don't know.

Mungkin bagi generasi muda era kini yang kebetulan sering membuka Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Cetakan ketiga 1990, atau cetakan berikutnya akan menemukan kata sifat 'Andal' yang bermakna dapat dipercaya; memberikan hasil yang sama pada ujian atau percobaan yang berulang. Tentunya, mereka sering pula memirsa tayangan iklan di sebuah televisi swasta. Di antaranya, 'Jaringan Handal'. Serta membaca iklan ponsel sebuah produk di pelbagai koran, 'Ponsel Penuh Inovasi Handal di Segala Kondisi'.

Terlepas sampai sejauh mana pengaruh iklan-iklan tersebut pada para pemirsa dan atau pembaca. Membuka Kamus Umum Bahasa Indonesia (KUBI) 1976, ada beberapa catatan khusus menyangkut kata handal (handalan). Di antaranya, sudah usang atau mati; hanya hidup beberapa lamanya lalu tenggelam.

Pemasang iklan-iklan tersebut cenderung masih menggunakan KUBI 1976 dan broken massa terkait tak berwenang mengganti kata handal menjadi 'andal' sesuai perkembangan mutakhir Bahasa Indonesia. Alasannya masuk akal, karena hidup matinya broken massa bergantung pula pada para pemasang iklan.

Namun, bila merenung lebih dalam lagi bagi kepentingan generasi muda era kini dan mendatang, kunci reformasi berbahasa Indonesia dengan baik dan benar, mengganti kata handal dengan kata andal, misalnya, menjadi tanggung jawab pula bagi para pelaku bisnis, baik dalam dan luar negeri, khususnya di NKRI. Mudah-mudahan opini ini ditanggapi pula oleh para pakar bahasa Indonesia.

Sungkowo Sokawera
Jalan Rancamanyar I, No 17
Bandung 40275

Sometimes the most important aspects of a subject are not immediately obvious. Keep reading to get the complete picture.


Polisi dan Jaksa
Kepercayaan Menurun

Bapak Presiden, saya terenyak mendengar rekaman pembicaraan yang diputar di Mahkamah Konstitusi. Hampir semua elemen masyarakat, mulai di perumahan, angkutan, kantor-kantor, warung kopi, jalanan, ramai membicarakan soal rekaman ini.

Imbasnya kepercayaan kepada dua institusi, yaitu polisi dan jaksa semakin menurun. Tetangga saya yang kebetulan adalah jaksa, sampai malu membawa kendaraannya melintasi saya dan beberapa tetangga yang sedang berkumpul karena merasa kendaraan yang didapatnya berasal dari uang yang haram.

Pak Presiden, mengapa sejak awal tidak tegas mencopot para pejabat yang diduga bermasalah tersebut daripada mempermalukannya dengan diperdengarkannya rekaman tersebut. Akibatnya, masyarakat semakin tak percaya dengan polisi dan jaksa.

Khaeruddin
Sukajadi, Bandung

(-)
Is there really any information about tech that is nonessential? We all see things from different angles, so something relatively insignificant to one may be crucial to another.

No comments:

Post a Comment